This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 28 April 2012

Istilah Iklan

1. Publisher
Publisher adalah pemilik situs.
2. Ad Units
Ad Unit adalah jenis iklan yang paling sering dipakai oleh peserta google adsense, yaitu iklan yang menampilkan teks atau gambar yang langsung me-link kesitus yang diiklankan tersebut.
3. Link Units
Link Unit hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu. Setiap pengunjung yang mengklik setiap link pada link unit akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google. Publiser baru akan mendapat pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu ad unit yang ada di halaman tersebut.
4. AdSense for Content
Pada AdSense for content, iklan tidak selalu muncul. Hal ini disebabkan antara lain karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs itu sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, iklan yang di tampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Services Ads). Karena bertipe donasi, jika di klik, iklan ini tidak menghasilkan apa apa bagi publiser.
Untuk mengatasinya, google memperbolehkan kita untuk memasang alternate Ads atau iklan alteratif. Jika Ad Units yang telah dibuat telah di-setting dengan menggunakan aternate ads, apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adakah iklan alternatif yang sudah ter-setting didalamnya.
5. AdSense for Search
Ini adalah program yang diberikan Google Adsense kepada publisher adsense untuk memasang sebuah search box google didalam situsnya. Apabila ada pengunjung yang melakuakan pencarian dengan menggunakan form tersebut, ia akan dibawa menuju ke halaman pencarian. Sama halnya dengan Link Units, Publisher akan mendapat masukan apabila salah satu iklan yang ada dihalaman trsebut di klik.
6. Referrals
Referral adalah salah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia AdSense. Iklan jenis ini bersifa CPA (Cost Per Action) publiser baru akan dibayar apablia pengunjung yang mengklik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu seperti mendaftar atau membeli sesuatu dll.
7. Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Unit, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label. Sebaliknya satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Pengguna channels akan sanga memudahan publisher untuk menganalisis performance AdSense mereka.
8. Page Imperssions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung page units dibuka oleh pengunjung.
9. Clicks
Clicks adalah klik pada Ad Units milik publisher.
10. CTR (Click Through Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalkan, suatu Ad Units yang di tampilkan 400 kali dan klik 10 kali memiliki nilai CTR 2,5% (10:400).
11. CPC (Cost Per Clik)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Unit tertentu di klik.
12. CPM (Cost Per M/thousand in Room)
CPM (Cost Per M/ribu) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilakn $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).

Uang dari Internet



Lebih dari 50 juta orang memiliki akses ke Internet, namun kebanyakan masih dalam masa pembelajaran. Setiap bulan melihat jutaan pendatang baru dan ribuan mendirikan bisnis secara online. Kumpulan besar ini, memperluas market dengan fakta bahwa pemasaran dan periklanan dapat dilakukan di Internet di sebagian kecil dari biaya metode tradisional. . . dan Anda memiliki situasi di mana potensi untuk sukses secara online tidak terbatas. Berikut ini adalah 7-langkah panduan untuk memastikan bahwa Anda akan mendapat uang tunai dalam bisnis online ini.


1. MEMUTUSKAN APA YANG AKAN ANDA JUAL

Peluang bisnis online peluang dapat dibagi menkadi dua bidang: (1) Produk (2) Layanan.

1.1. Penawaran Produk

Bila Anda menjual produk, Anda dapat melakukan seluruh operasi penanganan perintah, pengiriman barang, memproses pembayaran.


Item yang telah dianggap sebagai nomor satu produk bisnis masa depan. . . INFORMASI.

Contoh produk-produk informasi yang sangat sukses adalah ebook pengembangan diri (upgrade financial, kemampuan, dll). Jika Anda memiliki pengetahuan tentang topik tertentu Anda bisa pertimbangkan untuk menulis dan mengembangkan produk Anda sendiri dan mengirimkan melalui Email.

1.2. Penawaran Jasa

Satu keuntungan dari menjual layanan adalah bahwa Anda dapat sering menghasilkan 'residu' komisi - pendapatan bulanan sepanjang waktu.

Pelayanan apa yang cocok untuk marketing online?

Seperti booming-nya Internet, yang paling jelas adalah setiap layanan yang membantu perusahaan dalam menggunakan Internet. Sebuah contoh utama adalah layanan hosting web: web host akan menyediakan ruang untuk memasang situs web, peralatan untuk mengelola dan saran teknis. Ini hanya sebagai salah satu contoh saja, Anda bisa mengembangkan dan mencari IDE produk jasa Anda sendiri.


2. BAGAIMANA MEMPROMOSIKANNYA?

2.1. Langkah Pendekatan

Metode yang biasa adalah memiliki iklan Iklan Baris singkat yang meninggalkan kesan pembaca sehongga menimbulkan daya tarik, sehingga ia kemudian meminta informasi rinci penuh di surat penjualan Anda, idealnya dikirim oleh autoresponder. Tujuan dari iklan tidak mencoba menjual produk - itu hanya untuk mendapatkan orang-orang tertarik untuk menanggapi.

Karena iklan Anda akan bersaing dengan puluhan bahkan jutaan orang lain dalam publikasi yang sama, Anda harus menang buatlah judul untuk menonjol. Gunakan kata kunci yang menarik pembaca seperti. . . Free, Bagaimana, Anda, Uang, Rahasia, dll.

2.2. Menggunakan Signature File

Sebuah Signature File adalah bagian teks yang Anda tempatkan di akhir artikel atau Email pesan Anda. Rincian harus berisi kontak dan ringkasan singkat dari apa yang ditawarkan perusahaan Anda.


3. DIMANA TEMPAT MEMPROMOSIKANNYA?

3.1. Dimana tempat Iklan Baris

=> Posting Layanan Online

Layanan online besar seperti AOL, CompuServe, Delphi, Genie, Prodigy, MSN memiliki bagian untuk menempatkan iklan baris.

=> Ezines (newsletter)

Email ezines adalah majalah yang Anda dapat berlangganan, biasanya gratis. Kebanyakan Ezines iklan menawarkan biaya rendah dan juga merupakan sumber yang sangat baik untuk pemasaran.

=> WWW (World wide web)

Anda dapat mengatur iklan Anda di situs web secara gratis atau dengan biaya rendah.


3.2. Menggunakan Signature di Grup Diskusi

Sebuah kelompok diskusi adalah sekelompok orang dengan kepentingan bersama dalam topik tertentu. Jika Anda berpartisipasi dalam kelompok diskusi dengan kontribusi yang berguna atau bermanfaat lainnya Anda dapat menambahkan file signature Anda pada akhir posting Anda. Berikut adalah contoh-contoh kelompok diskusi.

=> Mailing Lists

Ada ribuan milis yang tersedia pada setiap topik dibayangkan.

Anda menjadi anggota mailing list sederhana dengan mengirimkan pesan email 'berlangganan'. Anda dapat mengirim daftar pesan dan didistribusikan secara otomatis ke semua pelanggan.

=> Newsgroup

Newsgroups (juga dikenal sebagai Usenet) adalah mirip dengan mailing list, kecuali bahwa Anda perlu untuk mengakses newsgroup dengan pembaca berita online (milis sedangkan posting akan dikirim ke kotak email Anda).

=> Layanan Forum Online

Serupa dengan newsgroup, biasanya lebih terkontrol dan diatur.


3.3. Tempat-tempat lain iklan gratis

=> Newsgroup

Beberapa newsgroup membolehkan iklan. Contohnya adalah misc.entrepreneur, alt.internet.commerce, alt.make.money.fast.

=> Layanan forum Online

Ada forum di mana iklan dapat diterima: mencoba mencari forum yang memiliki bagian dengan judul seperti 'Kesempatan', 'Pemasaran', 'Bisnis'.

3.4. Direct Mail

Direct mail adalah pengiriman oleh Email dari iklan Anda atau surat penjualan ke daftar orang-orang yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Seperti daftar dapat dibeli dari milis broker.


4. BEKERJA DENGAN AUTO-PILOT

Berikut adalah beberapa perangkat lunak yang dapat mengotomatisasi pekerjaan Anda dan mengurangi waktu dan uang yang dikeluarkan secara online.

4.1. Autoresponders

Sebuah autoresponder menghabiskan 24 jam sehari dengan enquirers menanggapi informasi seperti surat penjualan, daftar harga, katalog, formulir pemesanan.

Jika Anda pernah menjawab secara manual hingga 100 tanggapan untuk iklan Anda akan menyadari pentingnya sebuah autoresponder untuk mendirikan bisnis di Internet.

4.2. Free Agen (untuk Newsgroup)

Free Agen adalah cara yang ampuh dan mudah digunakan pembaca newsgroup. Hal ini memungkinkan Anda untuk browse newsgroup baik online dan offline.

4.3. Navigator (untuk CompuServe Users)

CompuServe Navigator (CSNAV) memungkinkan Anda untuk mendirikan sebuah script untuk menavigasi Forum CompuServe, pengiriman dan pengambilan pesan, download dari atau meng-upload ke database.


5. SET UP WEB WEB SITE ANDA SENDIRI

Sekali Anda telah mengembangkan portofolio (idealnya) terkait item Anda akan membawa semua informasi tentang mereka bersama-sama pada situs web Anda sendiri. Website akan memberi Anda waktu 24 jam dan sarana bagi orang-orang di manapun di dunia untuk memperoleh laporan gratis tentang produk atau jasa Anda secara langsung, terutama jika dilengkapi dengan penjawab otomatis.

5.1. Pertimbangkan Desain

* Buat situs Anda semudah mungkin

* Jangan mengacaukan halaman Anda dengan informasi yang kurang penting

* Pastikan bahwa tidak ada waktu tunda dalam loading halaman web (penyebab utama ini adalah penggunaan grafis yang besar)

5.2. Isi

Buatlah kesan pertama yang baik dengan halaman depan, membuatnya menarik dan membiarkannya menunjukkan dengan jelas apa isi situs Anda. Anda mungkin hanya punya sepuluh detik atau lebih untuk menjaga perhatian pengunjung.

Menawarkan informasi gratis dan berguna artikel. Pastikan bahwa isi situs terus-menerus berubah, perhatikan kolom mingguan petunjuk dan tips.


6. CARA UNTUK MEMPROMOSIKAN SITUS WEB ANDA

6.1. Daftar dengan mesin pencari

Ketika orang-orang yang pemindaian Internet untuk produk tertentu atau jasa mereka menggunakan 'Search Engine' untuk memberi makan dalam sebuah 'kata kunci' untuk menentukan apa yang mereka cari. Anda dapat mengirimkan situs Anda ke mesin pencari ini menetapkan kata-kata kunci yang membentuk situs, sehingga situs Anda dapat kemudian muncul dalam pencarian tersebut. Ada lebih dari 20 mesin pencari utama, beberapa yang populer:


6.2. Publisitas

Sekarang bahwa Anda memiliki situs web Anda dapat memasukkannya dalam tanda tangan Anda dan oleh karena itu mempublikasikan

* Setiap kali Anda mengirim Email

* Ketika Anda berkontribusi ke grup diskusi

* Ketika Anda berkontribusi sebuah posting ke Ezine

Anda dapat beriklan secara offline dengan memasukkan alamat web Anda di perusahaan Anda tulis, kartu nama, kop surat, amplop dll


7. MENJADI AHLI

=> Pelajari cara untuk menemukan informasi

Menguasai penggunaan mesin pencari.

=> Belajar dari pekerjaan orang lain

Studi iklan lain, situs web lainnya, file tanda tangan lain.

=> Studi metode pemasaran online

Kunjungi newsgroup dan forum, dan berlangganan milis. Anda akan menemukan tips pemasaran yang sangat baik dari Ezines.


Jumat, 27 April 2012

Cara Membuat Website



Membuat sebuah web untuk kepentingan bisnis online memang gampang gampang susah terutama bagi seorang pemula. Website diumpamakan Toko kalau didunia nyata, jadi kesan pertama dari seorang pengunjung adalah melihat tampilan web, jika tampilannya sudah tidak meyakinkan apalagi sampai berantakan maka orang akan males untuk melakukan tidakan selanjutnya. Buatlah Web anda semenarik mungkin karena Anda hanya punya waktu 3 detik saja untuk menarik seorang pengunjung untuk dapat surfing di Website Anda. Jadi jika website Anda berantakan, tidak menarik ditambah LOLA "Loading Lama" maka jangan harap Anda memiliki banyak pengunjung, lalu bagaimana cara membuat web yang baik dan meng-otomatis-kannya?

Jangan Khawatir jika Anda seorang pemula dalam bidang web design karena sekarang sudah banyak software web design yang mudah sehingga si pembuat tidak perlu ribet denga script, HTML, Java, Ajax, atau yang lainnya. Berikut beberapa refrensi software web design:

1. Simfatic Forms
2. Incomedia web Evolution
3. Xara Web Designer Premium
4. Soft Factory
5. Macromedia Dreamweaver, Dll

Software web diatas tidak memerlukan pengetahuan lebih tentang script, sehingga Anda akan lebih mudah menggunakannya.

Sekarang bagaimana meng-otomatiskan web tersebut? meng-otomatiskan web itu artinya bagaimana kita me-link-kan setiap halaman web tersebut sebagai contoh jika di klik tobmol ORDER maka secara otomatis masuk ke halaman ORDER, atau klik tombol Pembayaran maka secara otomatis masuk ke halaman pembayaran, sehingga web Anda lebih sistematis.

Berikutnya bagaimana cara membuat web yang baik dan menarik? ada 5 tips sederhana bagaimana cara membuat web yang baik:

1. Sesuaikan tema web dengan produk yang anda pasarkan "Jika anda memasarkan produk makanan maka jangan pajang produk pakaian karena itu tidak nyambung" buatlah tema web se-simple mungkin tetapi menarik

2. Buat web se-simpel mungkin dengan sedikit konten yang to the point tetapi menarik, disini kemampuan merayu pengunjung harus Anda buktikan Ingat pesan pertama diatas bahwa Anda hanya punya waktu 3 detik untuk menarik pengunjung.

3. Jangan terlalu banyak Animasi karena itu hanya akan memperberat Loading, kalaupun harus ada maka usahakan dengan animasi yang memiliki beban loading sebentar seperti animasi dalam bentuk Swf. Loading yang lama hanya akan membuat pengunjung bosan menunggu dan berujung pada meng-close web anda dan berpindah ke web lain.

4. Gradasi warna, sebuah website yang baik memiliki nuansa warna yang tidak mencolok sebagai contoh jika anda memilih tema warna hijau, maka yang lainnya harus mengikuti secara smoth ke hijau muda, atau ke hijau tua, jangan telalu kontras perubahan warnanya. Kalau belum terbiasa dengan pemilihan dan permainan warna maka pilihlah warna netral seperti Putih.

5. Navigasi, Berilah kemudahan pengunjung dengan panduan pandua dari web Anda sehingga pengunjung lebih nyaman dalam berselancar menikmati setiap sisi dari halaman web Anda. Karena ada web yang ingin kelihatan canggih maka navihasinya dibuat rumit setiap halaman dibuat berbeda, justru yang seperti itu akan membingungkan pengunjung. Navigasi bisa diletakan secara Vertical atau Horizontal sesuai dengan selera. Pandu pengunjung Anda dengan Navigasi yang lugas, langsung, tidak berbelit belit.


Mengoptimalkan SEO




Apakah Anda mendapatkan hasil yang biasa-biasa saja dari SEO? Jika ya, artikel ini adalah untuk Anda. Untuk mencapai sukses dengan SEO, Anda harus menargetkan frase kunci yang tepat dan membangun jaringan secara konsisten. Ini adalah proses yang berkesinambungan - bukan upaya satu kali langsung jadi.
Dengan pemikiran ini, mari kita melihat 4 kesalahan SEO mematikan yang harus Anda hindari. Berikut ini adalah kesalahan pengoptimalan yang harus dihindari demi mendapatkan hasil yang optimal:

1. Anda tidak tag halaman Anda dengan frase kunci yang relevan. Ini adalah kesalahan paling umum yang banyak webmaster lakukan. Judul tag adalah kata-kata yang muncul di sisi kiri atas browser Internet Anda. Anda harus menempatkan kata kunci dalam tag Title Anda karena search engine memokuskan lebih besar terhadap itu. Judul tag sama seperti Judul buku. Ini akan memberitahu pembaca tentang apa isi dari judul buku tersebut. Demikian juga, tag judul memberitahu mesin pencari tentang website anda. Jika Anda mencoba untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hal keyword tetapi tidak memiliki tag judul, sangat sulit bagi mesin pencari untuk memberi peringkat tinggi. Karena itu, pastikan bahwa tag judul Anda menjelaskan konten halaman Anda dan tempat kata kunci penting tepat di depannya. Sebagai contoh, Anda dapat melihat Tag Title pada setiap halaman website saya.

2. Anda tidak memiliki cukup isi atau konten Anda sudah usang. SEO lebih dari sekedar penandaan halaman Anda. Anda harus memiliki konten yang cukup untuk bisa trebaca loeh mesin pencarian. Untuk peringkat tinggi di daftar mesin pencari, Anda harus menempatkan kata kunci dalam konten Anda. Apalagi, jika isi website Anda sudah usang, mesin pencari akan mengunjungi situs Anda lebih jarang, dan dengan demikian melihatnya sebagai web/blog yang kurang penting. Hal ini juga mencegah situs Anda dari mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam daftar Search Engine.

3. Anda mengoptimalkan kata kunci yang salah. Jika Anda mencoba mengoptimalkan kata kunci yang terlalu umum, sangat sulit bagi Anda untuk meraih sukses dari usaha SEO Anda. Hal ini akan membuat diri Anda terjun medan perang lebih kompetitif dan Anda harus mengoptimalkan kata kunci lainnya. Jadi, menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian dan mencari frase kunci dengan persaingan yang lebih rendah namun relevan dengan bisnis Anda. Ingat bahwa jika Anda mengoptimalkan kata kunci yang tidak relevan atau terlalu generik maka tidak akan ada konversi.

4. Anda tidak membangun link secara konsisten. Link building adalah suatu proses mendapatkan lebih banyak link masuk ke website Anda. Kualitas inbound link akan membantu website Anda untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi untuk kata kunci kompetitif. Tetapi link building adalah proses yang berkesinambungan. Jika Anda pernah melakukannya secara konsisten, Anda tidak akan mencapai hasil yang baik dari SEO. Jadi, selalu membangun hubungan konsisten dengan menggunakan artikel marketing, blog komentar, pengajuan direktori, dan strategi umum lainnya yang pengoptimalan gunakan.


Strategi Pemasaran




Untuk menggunakan strategi pemasaran dengan menggunkan website, Anda memerlukan sebuah Website dan keanggotaan gratis dengan mengirimkan beberapa artikel ke situs web. Ada cukup banyak untuk dipilih, tapi saya merekomendasikan bahwa Lintas berita adalah salah satu situs local terbaik yang memiliki traffic tinggi. Dengan menggunakan situs web ini strategi pemasaran, dan mengirimkan artikel ke Lintasberita.com, ada kemungkinan mereka akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google dengan cepat selain itu gratis. Berikut langkah langkah strategi pemasaran.

1. Langkah pertama dari strategi pemasaran online adalah untuk menentukan apa website ini untuk Anda atau untuk pengunjung Anda? Gambarkan tujuan utama situs Web Anda. Bisa terutama informasi, yang digunakan untuk menjual produk atau jasa, atau keduanya. Dalam kedua kasus, Anda perlu tahu apa yang ditawarkan situs web Anda. Jika informasi, tentukan jenis informasi dan topik yang spesifik. Jika sebuah produk, tentukan jenis produk dan apa yang digunakan. Ini adalah langkah pertama dalam strategi pemasaran melalui situs web.

2. Langkah berikutnya adalah untuk memutuskan siapa yang Anda inginkan untuk mengunjungi situs web. Dari kalangan mana yang mungkin mencoba untuk menemukan hal-hal di website Anda, dan yang akan menemukan hal itu berguna? Dalam hal ini adalah audiens target market Anda, yang juga penting dalam strategi pemasaran situs web. Setelah Anda tahu persis siapa target market, Anda perlu mulai berpikir seperti mereka.

3. Mulailah fikirkan beberapa masalah yang mungkin mereka (target market) akan alami, dan Anda harus memiliki jawabannya. Anda bisa menjadi kreatif di sini. Ini bisa menjadi yang akan memecahkan masalah secara langsung, atau pertanyaan tentang sesuatu yang berhubungan dengan isi website. Sepanjang dalam masalah atau pertanyaan yang diajukan oleh seseorang yang juga akan tertarik dengan situs web Anda, ia akan bekerja. Artikel Anda akan memberikan solusi untuk audiens target Anda. Setelah Anda memikirkan beberapa masalah, Anda bisa mulai langkah strategi pemasaran berikutnya dalam situs web ini.

4. Sekarang Anda harus mencari frase kata kunci yang baik. Ini adalah kata-kata yang akan orang-orang ketikan ke mesin pencari, seperti Google, ketika mereka sedang mencari sesuatu. Ini adalah yang paling taktis bagian dari strategi pemasaran situs web karena melibatkan perilaku khalayak sasaran Anda dan pesaing Anda.

Pertama, mengenai frase kata kunci yang akan digunakan orang untuk menemukan artikel Anda, yang berisi solusi untuk masalah mereka. Dengan kata lain, kata-kata apa yang akan mereka gunakan untuk mencari solusi untuk masalah mereka? Frase kata kunci yang terbaik adalah dengan sedikit kompetisi, dan yang paling banyak dalam pencarian. Ketika Anda menentukan kata kunci yang terbaik, Anda siap untuk melanjutkan strategi pemasaran berikutnya.

5. Langkah berikutnya adalah menulis artikel. Artikel ini akan memberikan solusi untuk audiens target Anda. Ini harus sekitar 200-500 kata-kata atau lebih, dan itu harus mengandung frase kata kunci anda sehingga mesin pencari menunjukkannya dalam hasil pencarian. Ada perdebatan tentang berapa kali frasa kata kunci akan muncul dalam sebuah artikel. Sekitar 1,5% -3% dari artikel yang baik. Untuk kekerapannya, membagi berapa kali frase akan muncul dalam artikel dengan jumlah kata dalam artikel.

6. Ini bagian dari strategi pemasaran adalah menambahkan back link ke website Anda. pengiriman artikel dengan sebagian besar situs, ada tempat untuk melakukan hal ini di bagian bawah artikel. Gunakan link teks dengan kata-kata yang menggambarkan halaman yang sedang Anda mengarahkan pengunjung juga, atau dengan URL Anda untuk mempromosikan nama domain Anda. Selesai ini dan lanjutkan dengan strategi pemasaran berikutnya.

7. Langkah terakhir untuk menyelesaikan strategi pemasaran adalah mengirimkan Artikel adalah langkah termudah. Kirim artikel Anda dan ulangi proses. Lebih banyak artikel sama dengan lebih bertarget lalu lintas ke situs Web Anda.


Google PageRank




Salah satu topik yang paling hangat diperdebatkan di dunia situs web promosi adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan PageRank (PR) dari situs web tertentu. PageRank merupakan salah satu metode yang digunakan Google untuk menentukan halaman web relevansi dan penting bagi istilah pencarian tertentu. PageRank dari website atau halaman web ditentukan oleh analisis link algoritma yang berbeda untuk setiap mesin pencari. Larry Page, salah satu pendiri Google menggambarkan suatu halaman PageRank sebagai "jumlah dari segala sesuatu yang menunjuk ke halaman tertentu" (Vise 2005).

Google PageRank dapat bervariasi dari 0 (terendah) hingga 10 (tertinggi) untuk halaman web tertentu. Jika Anda memiliki Google Toolbar yang terinstal pada browser web Anda, Anda dapat melihat PageRank dari setiap halaman yang Anda kunjungi. PageRank ditentukan oleh jumlah dan kualitas link yang menunjuk ke dan dari halaman web Anda. Tentu saja, Anda dapat mengontrol pilihan halaman link, tetapi Anda membutuhkan link menunjuk kembali ke halaman Anda dari situs web yang diinginkan.

Kualitas link semata tidak cukup. Memang, menerima terlalu banyak link dari situs web yang tidak diinginkan dapat mengurangi pentingnya halaman web Anda. Sedangkan algoritma PageRank sangat kompleks.

PageRank dari halaman yang diberikan adalah hasil dari (kuantitas x PageRank) dari inbound link versus (kuantitas x PageRank) dari outbond link. Meningkatkan link balik ke situs Anda adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan PageRank. Cara terbaik untuk meningkatkan PageRank anda adalah dengan menurunkan jumlah outbound link ke halaman dengan PageRank rendah dan meningkatkan jumlah inbound link dengan PageRank tinggi.

Konten adalah raja. Jika Anda memberikan konten unik, bermanfaat yang sering diperbarui, orang-orang dan spider website akan sering mengunjungi situs Anda dan Anda mungkin bahkan mendapatkan gratis link satu arah link.

Ahli SEO mengatakan pentingnya menghubungkan link timbal balik. Ini adalah proses yang panjang dan sulit yang mengharuskan Anda untuk menemukan situs web dengan isi yang serupa yang tidak bersaing dengan Anda secara langsung, dan kemudian perdagangan link dengan mereka untuk meningkatkan PageRank. Ini adalah metode pemasaran yang mapan yang membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi bekerja dengan baik.

Banyak cara lain untuk meningkatkan backlink ke situs Anda salah satunya adalah menulis dan mendistribusikan artikel pendek untuk ezines dan artikel direktori. Anda dapat menulis artikel dan dimuat dalam direktori PageRank tinggi dalam waktu kurang dari satu hari! Tentu saja Anda ingin mengirimkan ke kategori yang relevan dengan konten website Anda. Jika Anda memiliki situs tentang mobil klasik dan sparepart mobil, Anda bisa menulis artikel tentang tips perawatan mobil.

Saat tidak ada solusi yang sempurna bagi semua orang, Anda harus melakukan percobaan dengan berbagai bentuk promosi dan optimisasi mesin pencari. Promosi situs web adalah lebih penting daripada sebelumnya. Meningkatkan kualitas jumlah link ke website Anda adalah penting untuk memastikan bahwa kualitas konten Anda akan ditemukan oleh khalayak target Anda.


Page Rank




Page Rank? ada apa sich sebetulnya dengan Page Rank? Page Rank menurut definisi saya pribadi adalah ranking kepopuleran setiap page dari setiap halaman web atau blog anda. Jika web atau blog anda memiliki Page Rank 3 misalnya, bisa jadi page rank anda hanya main pagenya / halaman Utamanya saja, jadi belum tentu halaman halaman berikutnya memiliki page rank yang sama. Lantas kenapa orang begitu sangat mengidam idamkan page rank tinggi? Mudah mudahan penjelasan singkat ini bisa menambah sedikit pengetahuan tentang Page Rank.
Banyak web, blog yang memiliki alexa rank dibawah #100.000 tetapi tidak memiliki page rank sama sekali padahal jumlah pengunjung tiap harinya tidak kurang dari 50-100 orang perharinya, lalu apa yang salah denga web blog mereka tersebut?
Dua hari yang lalu sebelum tulisan ini dimuat, saya menemukan sebuah blog yang memiliki alexa range #25.000.000-an lebih tetapi Page Rank nya sudah 3, dengan hanya memiliki 3 (tiga) Postingan saja dan tanpa ada command dan backlink sama sekali. Kalau dilihat dari alexa rank diatas berarti blog tersebut belum lama dibuat, tetapi kenapa Page Rank nya sudah setinggi itu? Apa rahasianya?
Setelah saya teliti leih lanjut ada 3 kunci utama yang membuat Page Rank nya tinggi.

1. Keyword Unik,
kenapa saya bilang Keyword Unik? Keyword yang digunakan bukan keyword yang populer seperti Bisnis Online, Tips SEO, Free Download atau keyword lainnya yang sudah populer di telinga. Keyword yang digunakan adalah keyword yang sebaliknya yaitu keyword yang kurang populer dengan sistem persaingan yang sangat kecil sekali sehingga dari situ hanya dia sendiri yang merajai Rank dari keywordnya tersebut. Untuk itu jika anda ingin memiliki Page Rank tinggi, gunakanlah keyword yang tidak populer dengan saingan yang sangat kecil, tetapi dalam hal ini saya tidak menyarankannya, gunakanlah keyword yang memiliki rating pertengahan, untuk mengecek kepopuleran keyword yang anda gunakan silahkan check DISINI . Bagaimana cara melihat keyword blog saingan anda tanpa harus open source, nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

2. SEO (Search engine Optimization),
Dengan bermodalkan keyword Unik yang di submit ke search engine, maka dengan mudah search engine mengindeks blog nya dihalaman pertama. Tetapi untuk pencarian seseorang dari search engine sangat kecil kemungkinannya karena Keyword Unik nya yang kurang bersahabat. Jika web blog anda ingin terindeks dihalaman search engine pertama carilah keyword Unik, yang kurang populer sehingga kalau sewaktu waktu dengan kebetulan orang search dengan keyword Unik anda maka web blog anda akan muncul pertama dihalaman pertama hehehe...

3. BW (Blog Walking),
Mengacu dari blog yang saya terangkan datas tadi, saya mendapati lebih dari 100 BW setiap harinya, sehingga efek terhadap blognya mendapat feed back hampir 2 kali lipat dari kunjungannya tersebut, dan ini sangat berpengaruh terhadap kepopulerannya dan secara otomatis Google akan mengindeks blognya di halaman pertama search engine serta menaikan Page Rank Popularity nya. Dari sini maka akan timbul pertanyaan besar, Mau sampai kapan Bloger tersebut bisa mempertahankan BW nya? karena bagaimanapun sebuah Web blog yang bagus adalah web blog yang bisa naik dengan sendirinya dengan mengandalkan seluruh performa isi dari web blog tersebut tanpa harus mengadakan BW setiap hari. Untuk itu buatlah blog dengan preforma bagus dengan konten yang bagus pula.
Biar bagaimanapun Page Rank yang bagus adalah Page Rank yang dihasilkan dari Performa Web Blog yang bagus pula, hal ini dapat anda ketahui dari banyaknya User yang mengunjungi web blog anda dan menikmati seluruh isi blog yang anda sajikan, maka dengan sendirinya Page Rank akan anda dapatkan dan itu akan bertahan lama ketimbang Page Rank yang dihasilkan dari feed back kunjungan. Kunjungan silaturahmi web blogger itu perlu tapi jangan terlalu berharap banyak untuk meningkatkan Page Rank, jadikanlah kunjungan silaturahmi antar blogger sebagai promosi bahwa web blog anda memiliki isi yang berkualitas dan pantas untuk dibaca dan di share ke temen temen blogger, sehingga mereka betah berlama lama di blog anda.

Menyambung pertanyaan diatas mengapa banyak web blog yang memiliki alexa rank dibawah #100.000 tetapi belum memiliki page rank?
ada dua faktor utama yang menyebabkan hal tersebut:

1. Keyword yang terlalu populer
Keyword yang terlalu populer akan menyebabkan sulit mendapatkan page rank. Keyword yang populer menjadikan anda terlalu banyak saingan bukan hanya ratusan atau ribuan pesaing tetepi jutaan pesaing. Jadi kalau anda tidak pandai pandai Optimasi maka page rank akan lama muncul, tetapi jangan khawatir selama traffic web blog anda bagus berarti anda telah sukses, meraih pengunjung.

2. Kurang mengoptimalkan SEO
SEO yang kurang Optimal maka hasilnya tidak akan memuaskan juga, jadi promosi yang hebat akan menentukan kepopuleran web blog anda. Ok semoga Informasi ini dapat bermanfaat buat blogger semuanya, salam Blogger dan TETAP SEMANGAT!!!!


SEO Monitor




Sudahkah anda memonitoring perkembangan naik turunnya blog anda? ada kabar baik untuk anda yang mungin belum mendapat informasi ini, SEOBOOK membuat seo monitorng toolbar yang bisa anda install langsung secara online, banyak kelebihan yang ditawarkan oleh seobook ini walaupun program tersebut gratisan.
Berikut bebrapa kelebihan yang ditawarkan oleh SEOBOOK monitoring toolbar.
1. Site Toolbar
Dengan SEOBOOK toolbar anda dapat mengetahui Page Rank per halaman blog anda, Link Domain, Page Link, Directory Link, Usia Site (Khusus untuk web berbayar) usia site dapat diketahui untuk site gratisan seperti blospot, usia site mengikuti main site yaitu blogger.com, monthly Uniques, Traffic value semua ini dapat pula anda lihat di Site Information untuk lebih detailnya. Berikut tampilan SEOBOOK toolbar.

2. Site Information
Disini anda dapat mengetahui Site PR, Usia sebuah website, Site Link, Page Link, Directories, Traffic dan social bookmarks, selain itu anda dapat meng-convert ke dalam bentuk microsoft excel seperti terlihat dibawah ini.

 

3. SEO XRay
SEO XRay ini untuk melihat META TAG Keyword, META TAG Description, jadi apabila anda ingin melihat keyword yang digunakan blogger lain maka anda bisa memanfaatkan fasilitas ini. Berikut tampilannya


disini saya hanya menggambarkansecara garis besar kelebihan kelebihan yang di tawarkan oleh SEOBOOK toolbar. Untuk penjelasan lebih lanjutnya silahkan anda kunjungi seobook.com. Anda dapat mendownload SEOBOOK toolbar dibawah ini.

Seobook toolbar untuk Mozilla Firefox


Seobook toolbar untuk Internet Explorer




Kamis, 19 April 2012

Cara Daftar Infolinks




Mendapat Uang secara online dengan Infolink In-Teks Ads

   Infolink adalah sebuah Situs  yang bergerak dibidang Pay per Click (PPC),tetapi setiap iklan yang muncul bukan pada Sidebar disebuah Blog tetapi Pada Setiap artikel.
atau sering disebut dengan In-Teks Ads atau iklan pada teks,Setiap teks yang mengandung iklan infolink akan
berwarna dan mempunyai Garis bawah ( Underline ).

  Jika anda belum mempunyai Akun infolink anda bisa mendaftar dengan langkah sebagai berikut :
* Silahkan anda menuju www.infolink.com
* Isi Formulir dengan lengkap dan benar
* Blog / Web disarankan berbahasa inggris
* Setelah Formulir sudah diisi,anda pun akan mendapatkan Script
* Copy Script yang diberikan infolink
* Login ke Blogger
* Kemudian Pilih Rancangan => Tambah Gadget => pilih  HTML/javascript
* Paste Script yang anda Copy tadi dan klik SAVE.


Cara Daftar Alexa

Daftar Alexa dengan benar dan tepat. karena jika proses pendaftaran alexa ini Anda lakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan alexa maka percuma, lihat sebagai berikut.

1. Masuk ke alexa.com untuk mendaftar atau klik disini
2. Isi formulir pendaftaran seperti Emai dan Nama Anda dengan benar, lihat gambar dibawah klik gambar agar terlihat jelas

 

3. Lanjutkan dengan klik tombol Register, jika sukses akan dihadapkan pemberitahuan bahwa pendaftaran sukses! lihat gambar

 
4. Setelah itu lakukan confirmasi link alexa yang dikirimkan ke Email Anda, klik link confirmasi yang dikirim lihat gambar

 

5. Selanjutnya setelah Anda klik link confirmasi tersebut Anda akan dibawah ke form pembuatan password baru Anda, lihat gambar

 

6. Setelah Anda isi teks box password baru pilih tombol Submite Password, jika sukses pemberitahuan sukses akan muncul, seperti gambar pertama dibawah. Dan tunggu sejenak karena secara otomatis Anda akan dihadapkan kembali sebuah halaman, lihat gambar kedua dibawah

 
7. Proses selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menambahkan sebuah atau beberapa Url blog yang Anda miliki dengan klik tomblo "Add a site" seperti pada gambar diatas, setelah itu Anda akan dihadapkan kembali sebuah halaman Verifikasi member lihat gambar dibawah.

 

8. Selanjutnya pilih "Sig Up Free" bagi Anda yang memang baru perhatikan gambar diatas, setelah itu Anda akan diminta untuk input Url blog Anda, lihat gambar dibawah

 

9. Nah yang terakhir ini adalah tahap pentingnya sahabat, setelah Anda inputkan Url blog Anda, ikuti terus petunjuk yang diberikan dengan melakukan ste-step yang diberikan alexa untuk proses Verifikasi blog Anda perhatikan gambar diatas klik gambar agar terlihat jelas.


Wirausaha Online

Banyak ragam cara untuk menghasilkan uang dari blog. Seperti menjadi publisher iklan. Mengikuti program afiliasi dengan memasarkan produk orang lain, dan jika ada yang membeli produk tersebut maka kita akan dapat komisi.

PT. Technopreneur Indonesia (TI), memberikan kesempatan untuk kita, para blogger, untuk menjadi mitra dalam memasarkan produk-produknya. Atau lebih tepatnya MENGIKLANKAN produk-produknya yang berupa PRODUK JASA . PT.TI merupakan perusahaan penyedia layanan informasi online di Indonesia, mulai dari produk iklan baris mobil, iklan baris rumah, kontak jodoh, hingga informasi produk & bisnis.

Beberapa produk TI yang bisa kita manfaatkan diantaranya :
  • Mobil Raya, merupakan layanan Informasi Mobil Bekas Online
  • Rumah Raya, Informasi Rumah / Properti Online
  • Ayo Nikah, Informasi Kontak Jodoh Online
Mobil Raya

Ini merupakan situs jual beli mobil bekas online. Bagi sobat yang mungkin sedang mencari mobil bekas, maka disinilah tempatnya. Atau mungkin sobat hendak punya mobil, dan hendak menjualnya, bisa juga memanfaatkan situs ini.

Rumah Raya

Ya, ini adalah situs jual beli rumah online. Mungkin ada dari sobat-sobat sekalian yang sedang mencari rumah dengan lokasi yang sobat inginkan, sobat bisa mencarinya disini. Begitupun jika sobat hendak menjual rumah sobat, maka juga bisa memanfaatkan jasa situs ini.

Ayo Nikah !

Adakah dari sobat yang masih MENJOMBLO ?? Saya rasa situs Kontak Jodoh ini bisa menjadi alternatif untuk mencari pasangan hidup.

Bagaimana kita bisa memanfaatkan semua itu sebagai tambahan penghasilan ?

Cara online
Setelah mendaftar menjadi mitra PT. TI, sobat akan diberi link mitra. Nah sebagai alat promosi, sobat bisa memasangnya di blog sobat berupa text, banner, atau apapun terserah sobat. Jika nanti ada yang mendaftar (memasang iklan di rumah raya, mobil raya, dan daftar di ayonikah) melalui link mitra kita, mereka akan dikenakan biaya 100 ribu, maka kita akan dapat komisi sebesar 50%.

Cara OFFLINE

Jika sobat ingin penhasilan yang lebih WAH,,,!?! lagi. Maka sebaiknya dibarengi juga promosi dengan cara offline. Mungkin ada teman/tetangga sobat yang ingin menjual mobil atau menjual umah, nah sobat bisa merekomendasikan situs-situs ini sebagai medianya. Atau ada teman sobat yang susah mendapatkan jodoh ?? Kenapa nggak,, sobat bisa mereferensikan dia untuk mencoba menjadi memeber kontak jodoh.
Dan JANGAN LUPA !!
Untuk pendaftarannya gunakan LINK MITRA sobat agar mendapatkan komisi.

Komisi akan dibayarkan akhir bulan setelah akumulasi mencapai 100 ribu.

Saya rasa yang satu ini pantas untuk dicoba. Toh, untuk menjadi mitra tidak dikenakan biaya sepeserpun. Jadi jika sobat tertarik, silahkan daftar dan ikuti saja perintah-perintahnya. Setelah daftar, sobat akan diberi link mitra situs-situs tersebut (mobil raya, rumah raya, dan ayo nikah). Dan sekali lagi, jika ingin penhasilan yang lebih wah,,!!!, maka sebaiknya barengi juga dengan cara OFFLINE. Jangan khawatir, biaya pendaftaran melalui agen (mitra) ataupun langsung sama saja, tidak ada diskon.



Rabu, 18 April 2012

Cara Menurunkan Alexa

ALEXA RANK adalah sebuah web yang me-ranking peringkat web/blog kita, yang dimulai dari 1-9999999999 . hehehe... Semakin kecil angka yang kita dapat dari ALEXA artinya semakin bagus. Peringkat kita di ALEXA juga sangat berpengaruh pada trafic blog kita. Namun, agar si tante ALEXA mengetahui kehadiran web/blog kita, kita perlu melakukan SUBMIT agar si tante ini lebih mudah dalam mengenali blog kita.

Dengan begitu si tante dapat lebih mudah mengetahui update yang kita lakukan. Nah, gini nih caranya buat daftar di ALEXA :
1. Buka alexa.com.

2. Isi Form yang tersedia.

3. Akan ada e-mail konfirmasi yang dikirimkan ke e-mail anda.

4. Buka e-mail anda, lalu aktifkan akun Alexa anda.

5. Setelah itu, masukkan e-mail serta password anda.

6. Pilih tab for site owners.

7. Lalu klik Claim you site.

8. Masukkan alamat Web/Blog anda, lalu klik Claim your site

9. Lalu anda diminta untuk mem-Verifikasi web/blog anda, dengan cara :
upload di root blog anda. Buat sebuah file format .txt dengan notepad, copy paste meta tag ke dalam file tersebut dan buat nama sesuai intruksi dari alexa. Lalu upload file tersebut di root blog anda dalam hosting yang anda gunakan.
copy kode meta-tag, lalu pastekan di HTML blog anda, letakkan dibawah kode <head>
  
10. Lalu tekan saja verify my meta tag


Solusi Masalah Pendidikan

Dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945 memuat cita-cita pendidikan bangsa Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan itu, harkat dan martabat seluruh warga negara akan dapat terwujud. Sekolah dan system sekolah sebagai suatu lembaga social dan pendidikan dipilih dan ditempatkan di antara system kelembagaan yang telah ada. Fungsi utama sekolah pada awalnya adalah pengajaran, setidak-tidaknya dalam terminology, namun dalam perkembangannya sekolah berfungsi majemuk dengan pendidikan sebagai intinya. Persoalan jumlah dan siapa yang perlu memperoleh pendidikan kiranya cukup jelas, yaitu semua rakyat pembentuk bangsa kita, sedangkan yang perlu dipikirkan dan di usahakan adalah kualifikasi dan mutu atau mutu, kecerdasannya, dan jalan serta cara mencapainya merupakan implikasi pesan utama cita-cita yang diletakkan oleh bapak-bapak pendiri Republik Indonesia dan pengisian pesan tersebut perlu dicari, dikaji, dan terus dikembangkan. [1]

Dengan melihat masalah mutu pendidikan yang rupanya sudah sangat menggelitik dunia pendidikan dewasa ini. Bukan saja bagi para professional, juga bagi masyarakat luas pun terdapat suatu gerakan yang menginginkan adanya perubahan sekarang juga dalam hal usaha peningkatan mutu atau mutu pendidikan.[2]

a. Kendala Peningkatan Mutu Pendidikan

Kendala peningkatan mutu pendidikan ini, perlu di teliti dan di cermati agar kelak bangsa Indonesia dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan lancar dan dapat bersaing di Era Globalisasi.

Kiranya penulis perlu paparkan beberapa pendapat para ahli pendidikan tentang kendala peningkatan mutu pendidikan, yaitu:

1. Menurut DR. Soedijarto, MA bahwa rendahnya mutu atau mutu pendidikan di samping disebabkan oleh karena pemberian peranan yang kurang proporsional terhadap sekolah, kurang memadainya perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan system kurikulum, dan penggunaan prestasi hasil belajar secara kognitif sebagai satu-satunya indikator keberhasilan pendidikan, juga disebabkan karena system evaluasi tidak secara berencana didudukkan sebagai alat pendidikan dan bagian terpadu dari system kurikulum. [3]

2. Secara umum, Edward Sallis (1984) dalam Total Quality Management in Education menyebutkan, kondisi yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan dapat berasal dari berbagai macam sumber, yaitu miskinnya perancangan kurikulum, ketidak cocokan pengelolaan gedung, lingkungan kerja yang tidak kondusif, ketidaksesuaian system dan prosedur (manajemen), tidak cukupnya jam pelajaran, kurangnya sumber daya, dan pengadaan staf.[4]

Sedangkan menurut laporan Bank Dunia, terdapat empat factor yang diidentifikasi menjadi kendala mutu atau mutu pendidikan di Indonesi, yaitu:

a. Kompleksitas pengorganisasian pendidikan antara Depdiknas (bertanggung jawab dalam hal materi pendidikan, evaluasi buku teks dan kelayakan bahan-bahan ajar) dan Depagri dalam bidang (ketenagaan, sumber daya material, dan sumber daya lainnya). Di samping itu, Departemen Agama bertanggung jawab dalam membina dan mengawasi sekolah-sekolah keagamaan negeri maupun swasta. Dualisme ini berakibat fatal karena rancunya pembagian tanggung jawab dan peranan manajerial, keterlambatan dan terpilahnya system pembiayaan, serta perebutan kewenangan atas guru.
b. Praktik manajemen yang sentralistik pada tingkat SLTP. Pembiayaan dan perencanaan oleh pemerintah pusat yang melibatkan banyak departemen. Hal ini menghambat pencapaiaan tujuan wajib belajar pendidikan dasar.
c. Praktik penganggaran yang terpecah dan kaku. Kompleksitas organisasi yang menyiapkan anggaran pembangunan menjadi rumitnya pengelolaan pendidikan. Bappenas, Depdiknas, dan Depagri, termasuk Depag, dalam menyiapkan anggaran pendidikan. Akibatnya, hal ini menimbulkan dampak negatif, yaitu tidak adanya tanggung jawab yang jelas antar unit, tidak ada evaluasi reguler terhadap kebutuhan riil, dan tidak ada jaminan dana yang dialokasikan secara benar dan merata.
d. Manajemen sekolah yang tidak efektif. Sebagai pelaku utama, kepala sekolah banyak yang kurang mampu melakukan peningkatan mutu sekolahnya karena tidak dilengkapi dengan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang baik. Pelatihan yang kurang dan rekruitmen kepala sekolah yang belum didasarkan atas kemampuan memimpin dan profesionalitas.[5]
b. Solusi Peningkatan Mutu Pendidikan

Gambaran tentang rendahnya mutu pendidikan sebelumnya telah di dahului oleh serangkaian studi yang dilakukan oleh Proyek Penilaian Nasional Pendidikan (PPNP) yang dimulai sejak tahun 1969. serangkaian studi ini telah memberikan gambaran tentang keadaan pendidikan di Indonesia pada saat itu, dan telah dijadikan landasan bagi dilaksanakan serangkaian pembaruan pendidikan yang dimulai sejak permulaan tahun 1970-an. [6]

Oleh sebab itu, Menteri Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2002 telah mencanangkan, bahwa pada tahun 2002 dimulai gerakan peningkatan mutu atau mutu pendidikan. Gerakan ini perlu diawali dengan mereformasi penyelenggaraan pendidikan di sekolah sebagai lembaga yang memberikan layanan pendidikan apabila menghendaki pendidikan ini bermutu. Gerakan tersebut memang sudah saatnya dimulai, mengingat mutu pendidikan sekarang masih dalam kondisi yang memprihatinkan. [7]

Dalam rangka peningkatan mutu atau mutu pendidikan, telah dilakukan berbagai kegiatan diantaranya adalah:

a. Pengembangan kurikulum termasuk cara penyajian pelajaran dan system study pada umumnya.

b. Pengadaan buku-buku pelajaran pokok untuk murid serta buku pedoman guru sekolah dasar dan sekolah-sekolah lanjutan, buku-buku pelajaran kejuruan dan tehnik untuk sekolah-sekolah yang memerlukannya dan buku-buku perpustakaan dalam berbagai bidang study pada pendidikan tinggi.

c. Pengadaan alat-alat peraga dan alat-alat pendidikan lainnya pada sekolah dasar (SD), TK, dan SLB, laboratorium IPA dan SMP&SMA, fasilitas dan perlengkapan latihan dan praktik pada sekolah-sekolah kejuruan dan tehnik serta laboratorium untuk berbagai bidang ilmu pendidikan untuk Perguruan Tinggi.

d. Penataran guru-guru dan dosen

e. Pengadaan buku bacaan yang sehat dan bermutu melalui perpustakaan sekolah. [8]

Menurut Syafaruddin upaya untuk meningkatkan mutu atau mutu pendidikan perlu dilakukan hal-hal berikut, yaitu: 1) Menyamakan komitmen mutu atau mutu oleh kepala sekolah, para guru dan pihak terkait (stakeholders), mencakup: visi, misi, tujuan dan sasaran, 2) Mengusahakan adanya program peningkatan mutu sekolah (kurikulum/pengajaran, pembinaan siswa, pembinaan guru, keuangan, saran dan prasarana, serta kerjasama dengan stakeholders sekolah, meliputi jangka panjang dan jangka pendek 3). Meningkatkan pelayanan administrasi sekolah, 4). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, 5) Ada standar mutu lulusan, 6) Jaringan kerjasama yang baik dan luas, 7) Penataan organisasi sekolah yang baik (tata kerja), 8) Menciptakan iklim dan budaya sekolah yang kondusif.[9]

Dalam pembahasan skripsi ini, penulis akan mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan upaya meningkatkan mutu pendidikan. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah, antara lain:

1. Peserta Didik

2. Pendidik

3. Sarana dan Prasarana

4. Lingkungan


Ad. 1. Peserta Didik

Dalam kaitannya dengan pendidikan, peserta didik merupakan suatu factor atau komponen dalam pendidikan. Karena itu pembinaan terhadap anak harus dilaksanakan secara terus menerus kearah kematangan dan kedewasaan.
Sebagai makhluk manusia, peserta didik memiliki karakteristik-karakteristik. Menurut Sutari Imam Barnadib, Suwarno, dan Siti Mechati, peserta didik memiliki karakteristik tertentu, yakni:
a. Belum memiliki pribadi dewasa susila sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
b. Masih menyempurnakan aspek tertentu dari kedewasaannya, sehingga masih menjadi tanggung jawab pendidik.
c. Memiliki sifat-sifat dasar manusia yang sedang berkembang secara terpadu yaitu kebutuhan biologis, rohani, social, intelegensi, emosi, kemampuan berbicara, anggota tubuh untuk bekerja (kaki, tangan, jari), latar belakang social, latar belakang biologis (warna kulit, bentuk tubuh, dan lainnya), serta perbedaan individual. [10]
Dengan memahami karakteristik peserta didik di atas, maka diharapkan guru mampu melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik sehingga tercipta peningkatan mutu pendidikan yang diinginkan oleh sekolah.

Ad. 2. Pendidik

Masalah mutu pendidikan, rupanya sudah sangat menggelitik dunia pendidikan dewasa ini. Bukan saja bagi para professional, juga bagi masyarakat luas terdapat suatu gerakan yang menginginkan adanya perubahan sekarang juga dalam hal usaha peningkatan mutu atau mutu pendidikan.[11]

Dengan melihat keadaan mutu pendidikan yang rendah, maka telah diupayakan usaha-usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan sasaran sentralnya yang dibenahi adalah mutu guru dan mutu pendidikan guru. [12]

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, maka perlu kiranya dilakukan kegiatan-kegiatan dalam usaha peningkatan mutu guru, yaitu:

1. Absensi dan Kedisiplinan Guru

Hal ini sangat menentukan mutu pendidikan guru, karena absensi dan kedisiplinan guru sangat berpengaruh demi kelancaran proses belajar mengajar. Jika guru jarang hadir atau tidak disiplin maka hal itu akan menghambat proses belajar mengajar dan akan mengakibatkan peserta didik menjadi malas. Akan tetapi jika guru selalu tepat waktu tidak pernah terlambat dalam mengajar, maka hal inilah yang akan menjadi pemacu semangat peserta didik dalam belajar. Dan bagi guru hendaknya selalu mempunyai komitmen sebagai pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan.

2. Membentuk Teacher Meeting

Teacher Meeting dapat diartikan dengan pertemuan atau rapat guru yang merupakan salah satu teknik supervisi dalam rangka usaha memperbaiki situasi belajar mengajar di sekolah. [13]

Tujuan dari Teacher Meeting ini adalah menyatukan pendapat-pendapat tentang metode kerja yang akan membawa mereka bersama ke arah pencapaian tujuan pengajaran yang maksimal dan membantu guru, baik secara individu maupun secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka, menganalisa problem-problem mereka, perkembangan pribadi dan jabatan mereka.[14]

3. Mengikuti Penataran

Penataran merupakan salah satu saran yang tepat untuk meningkatkan mutu guru terutama dalam hal kemampuan profesionalisme. Seperti yang diungkapkan Djumhur dan Moch Surya dalam bukunya yang berjudul “Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah”: Penataran adalah usaha pendidikan dan pengalaman untuk meningkatkan mutu guru dan pegawai guna menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan kemampuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidangnya masing-masing. [15]

Kegiatan penataran tersebut dimaksudkan untuk:

a. Mempertinggi mutu petugas dalam bidang profesinya masing-masing

b. Meningkatkan efisiensi kerja menuju ke arah tercapainya hasil

Adapun penataran yang diikuti oleh guru adalah penataran yang diadakan oleh DEPAG, Depdikbud maupun lembaga-lembaga lain. Dalam penataran ini tidak semua guru dapat mengikutinya, tetapi hanya guru-guru tertentu dan setelah guru mengikuti penataran maka hasilnya akan disampaikan kepada guru lainnya.

4. Mengikuti Kursus Pendidikan

Dengan mengikuti kursus akan menambah wawasan dan pengetahuan guru. Hal ini juga akan dapat meningkatkan profesionalisme guru lebih bermutu. Kegiatan kursus ini bisa dilakukan secara individu maupun kolektif.

5. Mengadakan Lokakarya atau Workshop

Lokakarya atau Workshop merupakan suatu kegiatan pendidikan “in-service” dalam rangka pengembangan profesionalisme tenaga-tenaga kependidikan. [16]

Lokakarya merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bekerja bersama-sama baik mengenai masalah teoritis maupun praktis, dengan maksud untuk meningkatkan mutu hidup pada umumnya serta mutu dalam hal pekerjaan. [17]

Dengan adanya lokakarya ini, guru diharapkan akan memperoleh pengalaman baru dan dapat menumbuhkan daya kreatifitas serta dapat memproduksi hasil yang berguna dari proses belajar mengajar. Di samping itu guru dapat memupuk perasaan sosial lebih mendalam terhadap peserta didik, sesama pendidik, dan karyawan maupun terhadap masyarakat.

6. Mengadakan Studi Tour

Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan oleh guru-guru yang mengajar mata pelajaran yang sejenis dan berkumpul bersama untuk mempelajari masalah dari pelajaran tersebut, atau sejumlah ilmu pengetahuan yang lain. Lokasi yang dipilih biasanya berkaitan dengan tempat hiburan atau tempat-tempat yang bernilai sejarah, sehingga pelaksanaannya selalu menarik dan menambah semangat.


Ad. 3. Sarana dan Prasarana

Berbicara tentang sarana dan prasarana, maka pengertian ini tidak hanya menyangkut gedungnya, akan tetapi termasuk juga berbagai komponen dan fasilitas yang terdapat di sekolah tersebut. Dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai dapat menunjang proses belajar mengajar sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Sarana pendidikan merupakan semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Sarana pendidikan dapat ditinjau dari beberapa sudut pandang yaitu: Pertama, ditinjau dari habis-tidaknya dipakai (sarana yang langsung habis di pakai dan sarana yang tahan lama). Kedua, ditinjau dari bergerak tidaknya. Ketiga, ditinjau dari hubungannya dengan proses belajar mengajar. Sedangkan prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang proses belajar mengajar di sekolah. [18] Sarana merupakan komponen yang sangat penting dalam setiap aktifitas pendidikan, maka keberadaannya merupakan factor penting dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan. Sedangkan pengertian sarana atau alat adalah hal yang tidak saja memuat kondisi-kondisi yang memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat pendidikan itu telah mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi, dengan perbuatan dan situasi mana, dicita-citakan dengan tegas, untuk mencapai tujuan pendidikan. [19]

Prasarana pendidikan di sekolah dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu: Pertama, prasarana pendidikan yang secara langsung di gunakan untuk proses belajar mengajar, seperti: ruang perpustakaan, ruang teori, ruang praktek keterampilan, ruang laboratorim. Kedua, prasarana pendidikan yang keberadaannya tidak digunakan untuk proses belajar belajar, tetapi sangat menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar seperti: ruang kantor, kantor sekolah, tanah dan jalan menuju sekolah, kamar keci, ruang usaha kesehatan sekolah, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan tempat parkir kendaraan. [20]

Ad. 4. Lingkungan
Yang dimaksud dengan lingkungan disini adalah segala sesuatu yang berada di luar diri manusia, baik berwujud makhluk hidup maupun yang mati. Termasuk di dalam lingkungan ini adalah manusia, hewan, tumbuhan-tumbuhan, keadaan geografis, buku-buku, gambar/lukisan, dan hasil hasil budaya manusia lainnya. Semua ini berpengaruh besar terhadap pembentukan kepribadian peserta didik sebagai makhluk hidup.
Lingkungan ada dua macam, lingkungan fisik dan lingkungan social. Lingkungan fisik yakni suasana dan keadaan berlangsungnya pendidikan. Sedangkan lingkungan social yakni iklim dan suasana kependidikan. Iklim yang kondusif akan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan. [21]


[1] Suyata, Perbaikan Mutu Pendidikan Transformasi Sekolah Dan Implikasi Kebijakan, IKIP Yogyakarta, 1998: 5-6

[2] H. A. R Tilaar, Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI, Balai Pustaka, Jakarta, 1990: 187

[3] Soedijarto, Op. cit: 56

[4] Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2002: 14

[5] E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002: 12-13

[6] Soedijarto, Op. cit: 43

[7] Departemen Pendidikan Nasional DEPDIKNAS (2002)

[8] Wasty. Soemanto. F. X. Soeyarno, Landasan Historis Pendidikan Islam, Usaha Nasional, Surabaya, 1993: 111

[9] Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Op cit: 290

[10] Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta, Jakarta, 2000: 52

[11] H. A. R Tilaar Op cit: 187

[12] Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, BIGRAF Publishing, Yogyakarta, 2001: 51

[13] Dirawat, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983: 132

[14] Ibid: 133

[15] Djumhur, Moh. Surya, Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah, CV. Ilmu, Bandung, 1975: 115

[16] N. A. Ametembun, Supervisi Pendidikan Penuntun Bagi Para Kepala Sekolah dan Guru-Guru, Suri, Bandung, 1981: 103

[17] Piet. A. Sehartian, Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1981: 108

[18] Burhanuddin Dkk, Op. Cit: 86

[19] Abu. Ahmadi. Nur, Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Rineka Cipta, Jakarta, 1991: 140

[20] Ibid: 86

[21] Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Prenada Media, Jakarta, 2004: 82


Hasil Belajar

Hasil belajar yang sering disebut dengan istilah “scholastic achievement”
atau “academic achievement” adalah seluruh kecakapan dan hasil yang dicapai melalui proses belajar mengajar di sekolah yang dinyatakan dengan angka-angka atau nilai-nilai berdasarkan tes hasil belajar. Menurut Gagne dan Driscoll, hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa sebagai akibat perbuatan belajar dan dapat diamati melalui penampilan siswa. Gagne dan Brings menyatakan bahwa hasil belajar merupakan kemampuan internal yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menjadi milik pribadi seseorang dan memungkinkan orang itu melakukan sesuatu.

Dick dan Reiser dalam Ekawarna (2010) mengemukakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa sebagai hasil kegiatan pembelajaran, yang terdiri atas empat macam, yaitu: pengetahuan, keterampilan intelektual, keterampilan motorik dan sikap. Sedangkan Bloom, et. Al membedakan hasil belajar menjadi tiga ranah, yaitu ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan motorik).

Setiap ranah diklasifikasikan lagi dalam beberapa tingkat atau tahap kemampuan yang harus dicapai. Untuk ranah pengetahuan mulai dari tingkat paling ringan yaitu mengingat kembali, memahami, penerapan, analisis, sintesis sampai evaluasi. Ranah sikap mulai dari menangkap/merespon pasif, bereaksi dengan sukarela/merespon aktif, mengapresiasi, menghayati/internalisasi, sampai akhirnya menjadi karakter atau jiwa didalam dirinya. Sedangkan ranah psikomotorik mulai dari tingkat mengamati, selanjutnya membantu melakukan, melakukan sendiri, melakukan dengan lancer sampai secara otomatis atau reflekstoris.

Menurut Arikunto yang dimaksud dengan hasil belajar adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil belajar ini biasanya dinyatakan dalam bentuk angka, huruf, atau kata-kata baik, sedang, kurang dan sebagainya.

Berdasarkan beberapa pernyataan diatas, maka dapat disimpukan bahwa hasil belajar adalah suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa tersebut mengalami aktivitas belajar (Ekawarna, 2010: 40).


Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Adapun bentuk upaya dalam meningkatkan proses prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut:
1. Tujuan
Tujuan menunjukkan arah dari suatu usaha, sedangkan arah menunjukkan jalan yang harus ditempuh. Setiap kegiatan mempunyai tujuan tertentu karena berhasil tidaknya suatu kegiatan diukur sejauh mana kegiatan tersebut mencapai tujuannya.
2. Metode dan Alat
Dalam proses belajar mengajar, metode merupakan komponen yang ikut menentukan berhasil atau tidaknya program pengajaran dan tujuan pendidikan. Adapun pengertian metode adalah suatu cara yang dilakukan dengan fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan.
3. Bahan atau Materi
Dalam pemilihan materi atau bahan pengajaran yang akan diajarkan disesuaikan dengan kemampuan siswa yang selalu berpedoman pada tujuan yang ditetapkan. Karena dengan kegiatan belajar mengajar akan merumuskan suatu tujuan, setelah tujuan dapat diketahui baru kemudian menetapkan materi. Setelah materi ditetapkan maka guru dapat menentukan metode yang akan dipakai dalam menyampaikan materi tersebut.
4. Evaluasi
Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan metode, alat dan bahan atau materi yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan bisa tercapai semaksimal mungkin.
Adapun dalam penggunaan metode resitasi ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengajar, antara lain:
a. Fase Memberikan Tugas.
Yaitu guru memberikan tugas pada siswa baik itu secara perseorangan atau kelompok. Dan hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan yang diinginkan, hendaknya tugas yang diberikan pada siswa memperhatikan:
1. Tujuan yang akan dicapai.
2. Jenis tugas yang jelas dan tepat sehingga anak mengerti apa yang ditugaskan tersebut
3. Sesuai dengan kemampuan siswa.
4. Ada petunjuk atau sumber yang dapat membantu pekerjaan siswa.
5. Sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas tersebut.
b. Langkah pelaksanaan.
1. Diberikan bimbingan atau pengawasan.
2. Diberikan dorongan sehingga anak mau bekerja.
3. Diusahakan dikerjakan oleh siswa sendiri, tidak menyuruh orang lain.
4. Dianjurkan agar siswa mencatat hasil-hasil yang ia peroleh.
c. Fase Mempertanggung Jawabkan Tugas
Hal yang harus dikerjakan siswa pada fase ini, antara lain:
1. Laporan siswa baik lisan atau tertulis dari apa yang telah dikerjakannya.
2. Ada tanya jawab atau diskusi kelompok.
3. Meneliti hasil pekerjaan siswa baik secara tes maupun non tes.
Dengan fase mempertanggunag jawabkan inilah yang disebut dengan resitasi. (Drs. Syaiful Bahri D: 2002).
Sedangkan menurut Zakiah Darajat: 2001, pemberian tugas dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:
1. Siswa diberi tugas mempelajari bagian dari suatu buku atau teks, baik secara kelompok atau individu, diberi waktu tertentu untuk mengerjakanya, kemudian murid yang bersangkutan mempertanggung jawabkanya.
2. Siswa diberi tugas untuk melaksanakan sesuatu yang tujuannya melatih mereka dalam hal yang bersifat kecakapan mental dan motorik.
3. Siswa diberi tugas untuk mengatasi masalah tertentu dengan cara mencoba untuk memecahkannya, dengan tujuan agar siswa biasa berfikir ilmiah dalam memecahkan suatu masalah.
4. Siswa diberi tugas untuk mengerjakan suatu proyek, dengan tujuan agar siswa terbiasa untuk bertanggung jawab terhadap penyelesaian suatu masalah yang telah disediakan dan bagaimana mengelola selanjutnya.
Dalam pemberian metode tugas atau resitasi ini supaya bisa sesuai dengan yang diinginkan maka ada beberapa syarat yang harus diketahui oleh pendidik dan siswa yang diberi tugas, yaitu:
1. Tugas yang diberikan harus berkaitan dengan pelajaran yang telah mereka pelajari, sehingga murid disamping sanggup mengerjakan juga sanggup menghubungkan dengan pelajaran-pelajaran tertentu.
2. Guru harus dapat mengukur dan memperkirakan bahwa tugas yang diberikan kepada siswa akan dapat dilaksanakannya karena sesuai dengan kesanggupan dan kecerdasan yang dimilikinya.
3. Guru harus mananamkan keadaan murid bahwa tugas yang diberikan pada siswa akan dikerjakan atas kesadaran sendiri yang timbul dari hati sanubarinya.
4. Jenis tugas yang diberikan harus dimengerti benar-benar sehingga murid tidak ada keraguan dalam melaksanakanya.

Daftar Rujukan:
1. Arief, Armai. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, 2002. Jakarta: Ciputat Pres
2. Barnadib, Imam. Filsafat pendidikan, System dan Metode, 1987. Yogyakarta: Yayasan Penerbit IKIP
3. Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, 1986. 1986. Yogyakarta: Andi Offset
4. Muhaimin, dkk. Strategi Belajar Mengajar: Penerapan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, 1996. Surabaya: CV. Citra Media
5. Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, 2000. Bandung: Sinar Baru Algesindo
6. Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, 2001. Bandung: Remaja Rosda Karya
7. Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam, 1990. Jakarta: Kalam Mulia


Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi non keuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan. SIA terdiri atas 3 Subsistem :
1. Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaksi Processing System- TPS).
Yang mengandung operasi bisnis harian melalui berbagai dokumen serta pesan untuk pera pengguna di seluruh perusahaan. Penting untuk keseluruhan fungsi dari sistem informasi karena :
a. Mengonversikan berbagai kegiatan ekonomi kedalam transaksi keuangan
b. Mencatat berbagai transaksi keuangan kedalam catatan akuntansi
c. Mendistribusikan informasi keuangan yang penting untuk personel
operasional dalam mendukung operasi hariannya.
2. Sistem Buku Besar/ Laporan Keuangan (General Ledger/Financial Reporting SystemGL/FRS). Yang menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengambilan pajak, serta berbagai macam lainnya yang disyaratkan oleh hukum.
3. Sistem Pelaporan manajemen (Management Reporting System). Yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kerja, serta laporan pertanggung jawaban.