Jumat, 27 April 2012

Page Rank




Page Rank? ada apa sich sebetulnya dengan Page Rank? Page Rank menurut definisi saya pribadi adalah ranking kepopuleran setiap page dari setiap halaman web atau blog anda. Jika web atau blog anda memiliki Page Rank 3 misalnya, bisa jadi page rank anda hanya main pagenya / halaman Utamanya saja, jadi belum tentu halaman halaman berikutnya memiliki page rank yang sama. Lantas kenapa orang begitu sangat mengidam idamkan page rank tinggi? Mudah mudahan penjelasan singkat ini bisa menambah sedikit pengetahuan tentang Page Rank.
Banyak web, blog yang memiliki alexa rank dibawah #100.000 tetapi tidak memiliki page rank sama sekali padahal jumlah pengunjung tiap harinya tidak kurang dari 50-100 orang perharinya, lalu apa yang salah denga web blog mereka tersebut?
Dua hari yang lalu sebelum tulisan ini dimuat, saya menemukan sebuah blog yang memiliki alexa range #25.000.000-an lebih tetapi Page Rank nya sudah 3, dengan hanya memiliki 3 (tiga) Postingan saja dan tanpa ada command dan backlink sama sekali. Kalau dilihat dari alexa rank diatas berarti blog tersebut belum lama dibuat, tetapi kenapa Page Rank nya sudah setinggi itu? Apa rahasianya?
Setelah saya teliti leih lanjut ada 3 kunci utama yang membuat Page Rank nya tinggi.

1. Keyword Unik,
kenapa saya bilang Keyword Unik? Keyword yang digunakan bukan keyword yang populer seperti Bisnis Online, Tips SEO, Free Download atau keyword lainnya yang sudah populer di telinga. Keyword yang digunakan adalah keyword yang sebaliknya yaitu keyword yang kurang populer dengan sistem persaingan yang sangat kecil sekali sehingga dari situ hanya dia sendiri yang merajai Rank dari keywordnya tersebut. Untuk itu jika anda ingin memiliki Page Rank tinggi, gunakanlah keyword yang tidak populer dengan saingan yang sangat kecil, tetapi dalam hal ini saya tidak menyarankannya, gunakanlah keyword yang memiliki rating pertengahan, untuk mengecek kepopuleran keyword yang anda gunakan silahkan check DISINI . Bagaimana cara melihat keyword blog saingan anda tanpa harus open source, nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

2. SEO (Search engine Optimization),
Dengan bermodalkan keyword Unik yang di submit ke search engine, maka dengan mudah search engine mengindeks blog nya dihalaman pertama. Tetapi untuk pencarian seseorang dari search engine sangat kecil kemungkinannya karena Keyword Unik nya yang kurang bersahabat. Jika web blog anda ingin terindeks dihalaman search engine pertama carilah keyword Unik, yang kurang populer sehingga kalau sewaktu waktu dengan kebetulan orang search dengan keyword Unik anda maka web blog anda akan muncul pertama dihalaman pertama hehehe...

3. BW (Blog Walking),
Mengacu dari blog yang saya terangkan datas tadi, saya mendapati lebih dari 100 BW setiap harinya, sehingga efek terhadap blognya mendapat feed back hampir 2 kali lipat dari kunjungannya tersebut, dan ini sangat berpengaruh terhadap kepopulerannya dan secara otomatis Google akan mengindeks blognya di halaman pertama search engine serta menaikan Page Rank Popularity nya. Dari sini maka akan timbul pertanyaan besar, Mau sampai kapan Bloger tersebut bisa mempertahankan BW nya? karena bagaimanapun sebuah Web blog yang bagus adalah web blog yang bisa naik dengan sendirinya dengan mengandalkan seluruh performa isi dari web blog tersebut tanpa harus mengadakan BW setiap hari. Untuk itu buatlah blog dengan preforma bagus dengan konten yang bagus pula.
Biar bagaimanapun Page Rank yang bagus adalah Page Rank yang dihasilkan dari Performa Web Blog yang bagus pula, hal ini dapat anda ketahui dari banyaknya User yang mengunjungi web blog anda dan menikmati seluruh isi blog yang anda sajikan, maka dengan sendirinya Page Rank akan anda dapatkan dan itu akan bertahan lama ketimbang Page Rank yang dihasilkan dari feed back kunjungan. Kunjungan silaturahmi web blogger itu perlu tapi jangan terlalu berharap banyak untuk meningkatkan Page Rank, jadikanlah kunjungan silaturahmi antar blogger sebagai promosi bahwa web blog anda memiliki isi yang berkualitas dan pantas untuk dibaca dan di share ke temen temen blogger, sehingga mereka betah berlama lama di blog anda.

Menyambung pertanyaan diatas mengapa banyak web blog yang memiliki alexa rank dibawah #100.000 tetapi belum memiliki page rank?
ada dua faktor utama yang menyebabkan hal tersebut:

1. Keyword yang terlalu populer
Keyword yang terlalu populer akan menyebabkan sulit mendapatkan page rank. Keyword yang populer menjadikan anda terlalu banyak saingan bukan hanya ratusan atau ribuan pesaing tetepi jutaan pesaing. Jadi kalau anda tidak pandai pandai Optimasi maka page rank akan lama muncul, tetapi jangan khawatir selama traffic web blog anda bagus berarti anda telah sukses, meraih pengunjung.

2. Kurang mengoptimalkan SEO
SEO yang kurang Optimal maka hasilnya tidak akan memuaskan juga, jadi promosi yang hebat akan menentukan kepopuleran web blog anda. Ok semoga Informasi ini dapat bermanfaat buat blogger semuanya, salam Blogger dan TETAP SEMANGAT!!!!


0 komentar:

Posting Komentar