Sabtu, 14 April 2012

Beasiswa Indonesia

Anda bekerja di sektor-sektor yang terkait dengan pembangunan Indonesia? Ingin meningkatkan kapasitas akademik dan ketrampilan? Memiliki komitmen terhadap pembangunan? Bersedia mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk pembangunan Indonesia?

StuNed, singkatan dari Studeren in Nederland atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia. Setiap tahunnya lebih dari  200 beasiswa penuh untuk mengikuti program master, short courses, tailor-made training dan refresher course ditawarkan kepada mereka yang berkecimpung di sektor terkait pembangunan Indonesia.

Beasiswa StuNed bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Kandidat yang dicari adalah yang memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dari mitra Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektivitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Prioritas Kandidat

Prioritas akan diberikan kepada calon peserta yang berasal dari organisasi-organisasi lokal yang bermitra  dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda seperti departemen, lembaga pemerintah non departemen, pemerintah daerah, LSM dan juga sektor swasta yang memiliki keterkaitan erat dengan isu-isu pembangunan yang relevan dengan Multi-Annual Strategic Plan (MASP) 2008-2011  Kedutaan Besar Kerajaan  Belanda. Di samping itu, prioritas juga diberikan kepada kandidat perempuan dan calon peserta dari luar Jawa.
Sektor yang mendapatkan prioritas dari program beasiswa StuNed adalah:
•  pendidikan
•  good governance
•  iklim investasi
•  manajemen air
•  penyediaan air bersih dan sanitasi
•  lingkungan (fokus pada gambut)
•  energi yang berkelanjutan

Profil Kandidat
Program beasiswa StuNed dibuat khusus untuk para profesional Indonesia dengan masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir (bukan masa kerja kumulatif). Setelah menyelesaikan studi di Belanda, penerima beasiswa diharuskan kembali ke Indonesia dan meneruskan komitmennya bagi pembangunan melalui institusi tempat mereka bekerja.

Batas Waktu Pendaftaran

Saat ini, pendaftaran beasiswa StuNed untuk program master sudah dibuka dan batas akhir pendaftaran: 15 Maret 2010

Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa lihat disini.

0 komentar:

Posting Komentar