Sabtu, 28 April 2012

Istilah Iklan

1. Publisher
Publisher adalah pemilik situs.
2. Ad Units
Ad Unit adalah jenis iklan yang paling sering dipakai oleh peserta google adsense, yaitu iklan yang menampilkan teks atau gambar yang langsung me-link kesitus yang diiklankan tersebut.
3. Link Units
Link Unit hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu. Setiap pengunjung yang mengklik setiap link pada link unit akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine google. Publiser baru akan mendapat pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu ad unit yang ada di halaman tersebut.
4. AdSense for Content
Pada AdSense for content, iklan tidak selalu muncul. Hal ini disebabkan antara lain karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs itu sudah habis atau google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, iklan yang di tampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Services Ads). Karena bertipe donasi, jika di klik, iklan ini tidak menghasilkan apa apa bagi publiser.
Untuk mengatasinya, google memperbolehkan kita untuk memasang alternate Ads atau iklan alteratif. Jika Ad Units yang telah dibuat telah di-setting dengan menggunakan aternate ads, apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adakah iklan alternatif yang sudah ter-setting didalamnya.
5. AdSense for Search
Ini adalah program yang diberikan Google Adsense kepada publisher adsense untuk memasang sebuah search box google didalam situsnya. Apabila ada pengunjung yang melakuakan pencarian dengan menggunakan form tersebut, ia akan dibawa menuju ke halaman pencarian. Sama halnya dengan Link Units, Publisher akan mendapat masukan apabila salah satu iklan yang ada dihalaman trsebut di klik.
6. Referrals
Referral adalah salah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia AdSense. Iklan jenis ini bersifa CPA (Cost Per Action) publiser baru akan dibayar apablia pengunjung yang mengklik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu seperti mendaftar atau membeli sesuatu dll.
7. Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Unit, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label. Sebaliknya satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Pengguna channels akan sanga memudahan publisher untuk menganalisis performance AdSense mereka.
8. Page Imperssions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung page units dibuka oleh pengunjung.
9. Clicks
Clicks adalah klik pada Ad Units milik publisher.
10. CTR (Click Through Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalkan, suatu Ad Units yang di tampilkan 400 kali dan klik 10 kali memiliki nilai CTR 2,5% (10:400).
11. CPC (Cost Per Clik)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Unit tertentu di klik.
12. CPM (Cost Per M/thousand in Room)
CPM (Cost Per M/ribu) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dan jumlah page impression (per 1000) yang ia dapatkan dari iklan iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilakn $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200/50).

0 komentar:

Posting Komentar